Resep Kue Lapis Sagu (Pepe)

By March 10, 2018Resep Masakan Indonesia

Anda pasti suka cemilan yang lezat namun tetap sehat. Saat ini banyak orang yang memilih untuk mengganti tepung terigu biasa dan memilih alternatif lain yang gluten-free. Salah satu tepung yang bersifat gluten free adalah tepung sagu. Memang tidak semua penganan dapat menggunakan tepung sagu, namun Anda dapat mencoba resep kami satu ini, Kue Lapis Sagu.

Kue lapis sagu atau yang sering disebut Pepe ini adalah makanan tradisional Indonesia Timur yang divariasikan menjadi penganan lezat. Lapis Pepe dapat dengan mudah ditemui di pasaran namun Anda dapat mencoba membuat sendiri di rumah dengan resep yang kami sajikan di bawah ini.

Resep Kue Lapis Sagu (Pepe)
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Dessert
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 12 potong
Bahan-bahan
  • 250 g tepung sagu
  • 800 ml santan dari 2 butir kelapa
  • 250 g gula pasir
  • 300 g tepung beras
  • ½ sdt vanili bubuk
  • ½ sdt garam
  • Minyak goreng secukupnya untuk olesan
  • Pewarna makanan warna merah dan hijau secukupnya
Cara membuat
  1. Cairkan 50 g tepung sagu dengan 50 ml santan
  2. Didihkan 200 ml santan, tuang ke dalam campuran tepung sagu sambil diaduk rata
  3. Tambahkan gula pasir, aduk rata. Angkat, dinginkan.
  4. Campur sisa tepung sagu, tepung beras, vanilli, dan garam. Aduk rata, tuang ke dalam adonan sagu yang sudah dingin sambil diuleni.
  5. Masukkan sisa santan sedikit demi sedikit sambil diuleni terus hingga adonan menjadi licin
  6. Bagi adonan menjadi 3 bagian, ⅓ adonan diberi pewarna merah, ⅓ bagian diberi pewarna hijau, dan ⅓ bagian dterakhir dibiarkan tanpa pewarna.
  7. Siapkan loyang ukuran 20x20 cm, olesi minyak goreng dan beri alas plastik.
  8. Tuang 2 sendok sayur adonan merah, kukus selama 5 menit, tambahkan 2 sendok makan adonan hijau, kukus lagi selama 5 menit.
  9. Lapisi dengan adonan putih, kukus selama 5 menit. Lakukan sampai adonan berlapis dan adonan habis. Terakhir kukus selama 30-45 menit hingga matang. Angkat setelah dingin, potong sesuai selera.
  10. Sajikan.
 

Pilih tepung sagu berkualitas tinggi yang banyak dijual di pasaran, dan pewarna makanan bersertifikasi (Food Grade) agar tidak berbahaya bagi tubuh. Untuk membuat kue lapis membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang cukup tinggi, terus berlatih agar Anda dapat terus berkreasi dengan kue lapis jenis ini. Selamat mencoba di rumah!

Sumber Gambar: asri-simplekitchen.blogspot.com