Resep Asinan Bengkuang

By January 6, 2017Resep Masakan Indonesia

Bengkuang atau bengkoang sangat dikenal dengan umbinya yang berwarna putih, buah bengkuang berkhasiat untuk kesehatan. Buah bengkoang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai obat sariawan dan sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh.

Buah ini juga sangat baik bila dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit kolesterol. Buah bengkoang biasanya dapat kita jumpai sebagai bahan pelengkap rujak atau manisan. Saat ini kita akan membuat asinan bengkoang. Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Resep Asinan Bengkuang
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Main
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 5
Bahan-bahan
Bahan:
  • 1 kg bengkuang segar, kupas, cuci, dan iris tipis lebar
  • 500 ml air hangat
Bumbu yang dihaluskan:
  • 5 sdm cabai merah giling
  • 2 sdm bawang putih giling
  • 2 sdm garam
  • Gula pasir secukupnya
Pelengkap:
  • 2 sdm cuka
Cara membuat
  1. Campur cabai giling, bawang putih giling, garam, gula pasir dengan air, rebus hingga bumbu mendidih, buang buihnya, dinginkan.
  2. Masukkan irisan bengkuang, aduk hingga rata dengan bumbu, usahakan bengkuang terendam/terbalur semua dengan bumbu, diamkan selama 6 jam atau semalam.
  3. Hidangkan di mangkuk sebagai hidangan pembangkit selera.
 

Buah bengkoang dapat kita jumpai di pasar tradisional maupun supermarket terdekat. Anda tidak perlu khawatir kehabisan stock. Membuat asinan bengkong cukup mudah karena hanya menggunakan buah bengkoang sebagai bahan utama, dan bahan pelengkapnya pun tidaklah susah untuk dibuat. Anda harus mencobanya di rumah. Ketika asinan sudah jadi, anda dapat menyajikannya untuk sanak saudara, teman, ataupun para sahabat. Asinan ini lebih enak bila disantap dalam keadaan dingin. Selamat mencoba!

Sumber gambar: berrykitchen.com