Resep Empal

By April 11, 2013Resep Masakan Indonesia

Seperti halnya dendeng balado, empal juga merupakan olahan daging yang sering disajikan saat Lebaran bagi anda yang kurang menyukai masakan bersantan. Empal bisa dikatakan sedikit lebih sehat daripada dendeng karena proses penggorengan dagingnya yang tidak terlalu lama. Resep empal ini sangat cocok bagi anda yang ingin menyajikan hidangan Lebaran sehat bagi keluarga dan para tamu.

Namun, empal juga kurang cocok disajikan dengan ketupat. Sebagai alternatif hidangan lebaran, anda dapat menyajikannya dengan nasi hangat, lalapan sayur, dan aneka sambal (sambal terasi, sambal tomat, sambal mentah/dadak). Atau anda dapat menyajikannya saat Lebaran hari kedua, ketika keluarga sudah tidak berselera dengan hidangan ketupat, namun anda masih merasa perlu untuk menyajikan hidangan dari daging yang spesial bagi hari besar.

Agar empal yang anda sajikan hasilnya bagus, pilih daging sapi yang benar-benar tidak mengandung lemak, seperti bagian has dalam atau has luar. Jika masih terdapat sedikit lemak pada bagian tersebut, buang ketika membersihkan daging. Jangan memilih daging yang banyak mengandung urat, karena empal yang anda buat bisa keras.

Berikut kami sajikan resep empal bagi anda.

Resep Empal
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Main
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 5 porsi
Bahan-bahan
Bahan-bahan:
  • 250 gr daging sapi tanpa lemak.
  • 500 ml air
Bumbu halus:
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah iris
  • 1 sdt ketumbar
  • ½ sdm gula merah
  • 1 sdt garam
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sdm air asam jawa
Cara membuat
  1. Rebus daging dengan 500 ml air hingga empuk, angkat dan tiriskan. Iris daging dengan ketebalan 1.5 cm, lalu memarkan agar daging menjadi empuk.
  2. Campur daging dengan bumbu halus, lengkuas, dan air asam menjadi satu. Rendam daging selama 15 menit.
  3. Panaskan minyak, goreng daging hingga berwarna coklat dan setengah kering. Angkat dan tiriskan.
Tanpa dihangatkan dan disimpan di suhu ruangan, empal bisa bertahan hingga 36 jam. Jika tidak habis dikonsumsi dalam jangka waktu tersebut, sebaiknya empal disimpan dalam lemari es, dan dihangatkan kembali dengan cara dikukus atau dengan microwave. Dengan begini, anda dapat mengurangi penggunaan minyak goreng, sehingga akan lebih sehat. Cukup praktis bukan cara mempraktekkan resep empal? Selamat mencoba resep ini, dan jangan lupa untuk berbagi cerita dengan kami.




loading...

Leave a Reply