Resep Spaghetti Bolognese

By January 11, 2015Resep Masakan Italia

Spaghetti Bolognese mungkin adalah varian spaghetti paling populer di Indonesia, digemari mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Bahkan, saus Bolognese tradisional kini sudah banyak dibuat siap-saji dalam kemasan-kemasan yang praktis sehingga mudah bagi masyrakat untuk mengonsumsinya sebagai menu sehari-hari. Saus yang berasal dari Bologna, Italia ini dibuat dari daging sapi dan tomat, yang diberi bumbu khas Italia. Saus ini menjadi saus dasar yang dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis sayuran, dan berbagai jenis pasta lainnya.

Untuk membuat saus untuk resep spaghetti bolognese ini, tidaklah sulit. Kali ini kami sajikan resep Spaghetti bolognese yang dapat Anda coba di rumah. Tidak perlu menggunakan saus instan yang tidak kita ketahui bahan-bahan dasarnya, dan tentunya lebih sehat untuk dikonsumsi oleh seluruh keluarga. Yuk kita coba!

Resep Spaghetti Bolognese
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Main
Cuisine: Italia
Saran penyajian: 5
Bahan-bahan
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 1 bawang merah besar, cincang kecil
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 600 gram daging sapi cincang
  • 6-7 buah tomat segar ukuran sedang
  • 1 sdm gula
  • Puree tomat kalengan
  • 2 buah kaldu sapi
  • 1 gelas anggur merah
  • 1 paket Spaghetti
Cara membuat
  1. Panaskan minyak dalam wajan besar. Masukkan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga wangi. Tambahkan daging cincang. Goreng hingga berwarna cokelat, dan aduk menggunakan sendok kayu hingga matang. Tambahkan kaldu padat dan aduk-aduk hingga rata.
  2. Turunkan panas api, tambahkan tomat.
  3. Masukkan anggur merah, bumbui dengan garam dan merica secukupnya. Tutup wajan dan didihkan saus Bolognese dengan panas sedang selama 1-1,5 jam hingga kental dan kaya rasa, aduk-aduk sesekali. Tambahkan bumbu jika perlu.
  4. Cicipi saus, jika terlalu asam, Anda dapat tambahkan gula.
  5. Angkat wajan dari api. Di panci lainnya, masak spaghetti dengan air mendidih, seusai dengan cara memasak yang tertera pada kemasan.
  6. Tiriskan spaghetti, sajikan dengan taburan keju parmesan parut
Cicipi saus Anda dan tambahkan bumbu jika citarasanya kurang menggigit. Jika Anda bukan peminum minuman beralkohol seperti red wine, maka menggunakan kaldu sapi saja sudah cukup, atau Anda dapat menambahkan sari buah anggur, delima atau cranberry jika suka. Untuk menambah keasaman, Anda dapat menambahkan cuka balsamic secukupnya. Sudah tidak sabar kan untuk mencobanya sendiri?

Sumber Gambar: butchers-shop.com




loading...

Leave a Reply