Resep Spaghetti Aglio Olio

By January 10, 2015Resep Masakan Italia

Banyak cara untuk menikmati salah satu jenis pasta yang berasal dari Italia ini. Spaghetti, kini menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia, sebagai sumber karbohidrat selain nasi. Selain karena teksturnya yang mirip mie tradisional, spaghetti digemari karena dapat diolah dengan berbagai macam bumbu, mulai dari bumbu khas daerah asal, Italia, hingga divariasikan dengan citarasa Asia, membuat penggemarnya tidak pernah bosan untuk bereksperimen.

Salah satu varian spaghetti klasik yang dikenal adalah Spaghetti Aglio Olio, yang artinya bawang (garlic) dan minyak (oil). Seperti namanya, keunikan Aglio Olio terletak pada citarasa bawang putih (garlic). Untuk Anda yang sedang menjalani diet, spaghetti dengan sentuhan bawang putih yang bercitarasa ringan ini sangat cocok untuk menjadi salah satu menu utama sehari-hari.

Sudah tidak sabar ingin mencoba membuat Resep Spaghetti Aglio Olio ini? Ikuti langkah-langkah pada resep yang kami sajikan berikut ini. Selamat memasak!

Resep Spaghetti Aglio Olio
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Main
Cuisine: Italia
Saran penyajian: 4
Bahan-bahan
  • Garam kasar
  • 12 ons spaghetti
  • 180 ml extra-virgin olive oil, sisakan untuk olesan
  • 8 siung bawang putih (iris tipis 4 buah, cincang kasar 4 buah)
  • 1 buah lemon, peras airnya dan parut bagian luar kulitnya
  • 40 gr daun parsley segar
  • Keju Parmesan, parut untuk taburan
Cara membuat
  1. Didihkan air dalam panci besar, beri sedikit garam. Masukkan spaghetti dan masak hingga al dente. Sisihkan dua cangkir air rebusan spaghetti, tiriskan spaghetti.
  2. Panaskan wajan berukuran sedang, tambahkan minyak. Masukkan bawang putih. Tumis bawang hingga keemasan selama 2 menit, tiriskan bawang goreng.
  3. Masukkan bawang putih cincang dan tumis hingga wangi, selama 30 detik.
  4. Masukkan air rebusan pasta dan didihkan selama 2 menit.
  5. Masukkan pasta, masak hingga mengental selama 1 menit.
  6. Matikan api, masukkan parutan kulit dan jus lemon, aduk hingga rata.
  7. Masukkan daun parsley, tetesi sedikit minyak, dan taburi bawang putih goreng. Sajikan dengan taburan keju Parmesan parut.
Pada masakan pasta seperti spaghetti yang dimasak dua kali, sangat disarankan untuk memasak hingga Al dente. Al dente adalah pasta yang diangkat dari air mendidih sebelum benar-benar matang, sehingga ketika dimasak kembali di atas wajan, pasta tidak menjadi terlalu matang dan kehilangan tekstur “menggigit”nya.

Kunci dari kelezatan Resep Spaghetti Aglio Olio ini adalah bagaimana memasak bawang putih dengan tepat hingga berwarna keemasan bersama minyak zaitun. Jika dimasak tidak terlalu matang, maka Anda tidak mendapatkan citarasa yang sempurna. Jika terlalu gosong, maka citarasanya akan pahit. Anda juga dapat menambahkan satu sdm mentega sebelum mencampurkannya dengan keju untuk menambah citarasa spaghetti. Selamat mencoba di rumah!

Sumber Gambar: marthastewart.com




Leave a Reply