Resep Kukis Kincir Ara

By December 2, 2014Barat

Perpaduan buah dan kue sudah bukan hal yang jarang. Justru, perpaduan kesegaran antara buah dan kue membuatnya tak pernah kehilangan penggemar. Anda pasti sudah pernah mencoba membuat cake buah atau kue kering yang berbahan dasar buah tropis, baik buah segar maupun buah-buahan yang telah dikeringkan.

Kali ini kami menawarkan salah satu resep unik perpaduan buah dan kue yang mungkin masih jarang Anda dengar — Resep Kukis Kincir Ara. Kami menggunakan buah Ara/Tin kering untuk diolah menjadi kukis lezat untuk menemani waktu santai Anda. Buah Tin dikenal sebagai “buah surga” bagi umat Islam, dan juga karena manfaatnya yang sangat banyak bagi tubuh. Salah satu manfaat buah tin adalah untuk mengontrol berat badan, juga menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dalam resep ini kami menggunakan buah tin kering yang mengandung 6 kali kalori lebih banyak dari buah tin segar. Keluarga Anda pasti menyukai kukis ini sebagai cemilan. Sehat dan lezat! Jadi, sudah siap untuk mencoba?

Resep Kukis Kincir Ara
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Cemilan
Cuisine: Barat
Saran penyajian: 6 porsi
Bahan-bahan
  • 250 gr tepung terigu serbaguna
  • 1 sdt garam kasar
  • ½ sdt baking soda
  • 230 gr mentega tawar, kocok sebentar hingga lembut
  • 50 gr gula pasir
  • 50 gr brown sugar
  • 2 buah telur
  • 290 gr ara/buah tin kering, buang tangkainya
  • 4 ons kismis kuning
  • 240 mL jus apel siap pakai
  • 240 mL jus jeruk siap pakai
Cara membuat
  1. Membuat campuran tepung : campurkan tepung, garam dan baking soda dalam satu wadah.
  2. Campur mentega dan gula, kocok dengan mixer berkecepatan sedang hingga lembut selama 3 menit. Tambahkan telur, turunkan kecepatan mixer, dan masukkan adonan tepung sedikit-demi sedikit ke dalam adonan mentega.
  3. Bagi adonan menjadi dua dan bungkus dengan plastik. Masukkan ke dalam lemari es selama 1 jam atau semalaman hingga padat.
  4. Ambil satu bagian adonan, letakan di atas kertas yang sudah ditaburi tepung. Giling hingga membentuk persegi berukuran 25 x 30 cm persegi, ratakan pinggiran dengan pisau. Ulangi dengan satu bagian adonan lainnya. Letakkan tiap adonan persegi di atas loyang atau kertas perkamen, dinginkan dalam lemari es selama 30 menit.
  5. Membuat isi: masukkan ara, kismis, dan jus ke dalam panci. Panaskan di atas api sedang hingga berbuih. Turunkan panas, aduk-aduk selama 25 menit hingga melembut dan airnya tinggal sedikit. Dinginkan, masukkan ke dalam food processor, lumat hingga lembut.
  6. Bagi dua adonan isi, ambil satu bagian dan oleskan di atas adonan persegi. Lakukan dengan satu bagian adonan persegi lainnya. Gulung adonan hingga membentuk seperti batang. Bungkus setiap batang dengan plastik, dinginkan dalam lemari es hingga mengeras selama 1 jam atau semalaman.
  7. Panaskan oven hingga 180 derajat celcius. Potong adonan yang telah digulung dengan pisau tanjan, dengan ketebalan 0,5 cm. Letakkan potongan di atas loyang yang telah dilapisi kertas perkamen.
  8. Panggang kukis, bolak-balik loyang agar matang merata, pinggirannya berwarna cokelat keemasan selama 15 menit. Dinginkan setelah matang.
Untuk menjaga agar adonan tidak mampat di satu sisi, keluarkan adonan dari lemari es dan gulung hingga membentuk batang sempurna. Setelah dipotong-potong, gulung kembali jika perlu untuk mempertahankan bentuknya.  Kue dapat disimpan dalam wadah kedap udara hingga 3 hari. Bagaimana, cukup mudah bukan membuatnya?

Sumber Gambar: primalpalate.com




Leave a Reply