Resep Kembang Goyang

By February 15, 2016Resep Masakan Indonesia

Kue Kembang Goyang merupakan kue kering tradisional yang berasal dari Daerah Jakarta Betawi. Kue ini merupakan kue jaman dahulu yang biasa di jadikan cemilan sehari-hari oleh orang-orang Betawi. Mengapa kue ini dinamakan Kue Kembang Goyang? Karena kue ini memiliki bentuk seperti kelopak bunga atau kembang yang baru mekar dan cara pembuatan kue ini digoyang-goyang. Jadi adonan basah yang sudah dibuat lalu dituangkan dengan cara digoyang-goyang untuk digoreng kedalam minyak panas. Kue ini memiliki rasa yang sedikit asin dan gurih. Berikut resep selengkapnya.

Resep Kembang Goyang
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Cemilan
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 500 gram
Bahan-bahan
  • 2 sdm tepung beras
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 kuning telur
  • 1 putih telur
  • ½ sdt garam
  • 100 ml santan kental
  • Minyak secukupnya, untuk menggoreng
Cara membuat
  1. Campur semua bahankecuali minyak goreng, aduk hingga tercampur rata dan saring
  2. Panaskan minyak di wajan dalam
  3. Rendam sebentar cetakan kembang goyang di dalam minyak panas lalu angkat
  4. Celupkan cetakan ke dalam adonan biarkan sebentar, lalu goreng hingga adonan terlepas dan berwarna kuning kecokelatan serta kering. Angkat dan tiriskan. Lakuakn hal yang sama hingga adonan habis
  5. Simpan kedalam toples kedap udara
Kue Kembang Goyang seiring berkembangnya jaman juga mengalami perubahan, karena kini Kue Kembang Goyang juga bisa diberikan essence perasa berbagai macam rasa seperti rasa pandan, frambozen dan warnanya juga tidak hanya berwarna kuning kecokelatan biasa tetapi ada juga yang berwarna-warni sehingga semakin menarik untuk dipandang mata. Tetapi pada resep diatas merupakan resep Kue Kembang Goyang yang paling tradisional dan otentik juga original.

Sumber Gambar: resepsehat.com




Leave a Reply