Resep Dendeng Balado

By April 11, 2013Resep Masakan Indonesia

Jika anda bosan dengan sajian Lebaran yang kaya akan santan, dendeng balado adalah salah satu pilihan tepat cara mengolah daging tanpa menggunakan santan. Hanya saja, anda perlu memperhatikan cara pengolahan daging ini tetap menggunakan minyak goreng, jadi tetap perhatikan kuantitas saat mengonsumsinya.

Agar dendeng yang dihasilkan renyah, dalam mempraktekkan resep dendeng balado ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, antara lain: rebus daging dalam keadaan utuh/potongan besar, saat menggoreng daging gunakan minyak banyak, panas dan dengan menggunakan api sedang.

Dendeng balado kurang cocok jika disajikan dengan ketupat, menu ini lebih cocok disandingkan bersama nasi putih hangat. Jadi dendeng bisa menjadi alternatif suguhan bagi tamu atau keluarga anda yang kurang menyukai menu ketupat dan kawan-kawannya. Dendeng balado bisa juga dijadikan salah satu isi hantaran bagi keluarga anda. Kemas dendeng dalam stoples atau wadah cantik, hias stoples dengan pita, dan jadikan salah satu pengisi parsel lebaran yang anda buat.

Berikut kami sajikan resep dendeng balado bagi anda.

Resep Dendeng Balado
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Cemilan
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 10 porsi
Bahan-bahan
Bahan-bahan:
  • 1000 gr daging sapi tanpa lemak
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng
Bumbu:
  • 2 buah cabai merah besar, belah dua, buang isinya.
  • 8 buah bawang merah, iris halus
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 sdt garam
Cara membuat
  1. Balur daging dengan garam dan air jeruk sambil ditekan dan diamkan selama 30 menit.
  2. Masak air mendidih, masukkan daging hingga setengah matang, angkat, dinginkan, atau lebih baik simpan di freezer selama 30 menit.
  3. Keluarkan daging, iris tipis dan melebar .
  4. Panaskan minyak dengan api agak besar, goreng daging hingga matang dan kering. Angkat. Tiriskan.
  5. Panaskan 10 sdm minyak di wajan, tumis bawang merah hingga matang, masukkan cabai merah, daun jeruk, garam dan air jeruk.
  6. Masukkan daging dalam tumisan cabai, aduk rata, angkat. Sajikan.
Mudah bukan cara membuat dendeng balado? Agar lebih praktis, anda dapat membuat dendengnya terlebih dahulu 1 atau 2 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, baru kemudian membuat bumbu baladonya pada malam takbiran. Dengan cara ini, anda tidak akan terlalu repot namun bumbu balado yang anda sajikan akan tetap segar. Selamat mencoba resep dendeng balado kami, semoga sukses!




loading...

Leave a Reply