Resep Tumis Buncis

Buncis adalah salah satu sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Misalnya; bersama wortel, kembang kol, dan kentang bisa dimasak sayur sop, bisa dijadikan campuran salad, atau seperti resep yang berikut ini buncis diolah dengan cara ditumis. Selain kaya akan vitamin dan mineral, buncis juga banyak mengandung serat sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalankan diet rendah lemak.

Agar semakin sehat anda bisa mengganti penggunaan minyak goreng dalam resep tumis buncis dengan minyak zaitun. Jika anda bukan penggemar cumi, anda pun dapat menggantinya dengan daging sapi atau ayam cincang, sesuai selera anda. Atau jika anda adalah seorang vegetarian, anda bisa mengolah tumis buncis yang berisi hanya sayuran saja, semua bahan protein hewani anda ganti dengan sayuran lain, misalnya wortel yang dipotong memanjang seperti korek api.

Resep tumis buncis yang praktis ini cocok bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Tak lebih dari 25 menit tumis buncis akan siap anda hidangkan. Tumis buncis sebaiknya dimasak dalam jumlah habis dalam satu kali makan, sebab jika dibiarkan tersisa tumis buncis akan berubah warna menjadi kehitaman dan tidak layak konsumsi lagi.

Resep Tumis Buncis
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Main
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 5
Bahan-bahan
  • 250 gram buncis, potong serong tipis
  • 1 buah cumi, bersihkan, potong bentuk cincin
  • 5 buah cabai merah keriting, potong serong tipis
  • 3 buah cabai rawit, iris halus
  • 1 buah tomat ukuran sedang, belah 8
  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 sdm minyak goreng
Cara membuat
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan irisan cabai merah dan rawit. Tumis sebentar hingga cabai layu. Masukkan tomat dan cumi. Masak hingga cumi matang.
  2. Masukkan buncis, sesekali aduk perlahan, masak hingga buncis matang. Angkat, sajikan hangat.

Kami yakin resep tumis buncis yang kami sajikan kali ini bisa menjadi salah satu alternatif hidangan praktis untuk keluarga anda. Selamat mencoba resep ini dan jangan lupa untuk berbagi pengalaman di kolom komentar.

About Adam

Originally from Australia, Adam left his corporate career in 2009 and has been travelling and eating ever since. A long-term visitor to Indonesia, he met Susan here and they later married. Follow on twitter!