Resep Spaghetti Scarpetta

By January 13, 2015Resep Masakan Italia

Nama Spaghetti Scarpetta mungkin belum banyak dikenal sebagai varian spaghetti di Indonesia. Jangan salah, kelezatannya tidak kalah dengan saus spaghetti lain yang menjadi kegemaran Anda. Saus Scarpetta memiliki karakteristik khas dari daerah bagian selatan Italia, dengan paduan dari tomat segar dan bawang putih dan bumbu segar lainnya. Penggemar pasta terutama spaghetti akan jatuh hati karena citarasanya yang ringan dan segar, berbeda dengan saus pasta lainnya yang umumnya bercitarasa “berat”. Jika Anda vegetarian, maka spaghetti saus Scarpetta adalah pilihan tepat untuk melengkapi menu sehari-hari Anda.

Kunci dari saus Scarpetta adalah tomat sebagai bahan utama. Gunakan tomat cherry atau tomat plum yang segar untuk membuat Saus Scarpetta. Ingin mencoba di rumah? Kali ini kami sajikan langkah-langkah mudah membuat Spaghetti Saus Scarpetta. Selamat mencoba!

Resep Spaghetti Scarpetta
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Main
Cuisine: Italia
Saran penyajian: 5
Bahan-bahan
Bahan-bahan:
  • 4 buah tomat plum organik matang
  • 12 ons tomat kalengan atau tomat segar
  • 2 sdm minyak zaitun extra virgin
  • bubuk cabai secukupnya
  • Garam kasar
  • Merica hitam bulat segar
  • 2 sdm mentega tawar
  • 1 ons Keju Parmigiano-Reggiano (Parmesan)
  • 6-8 lembar daun basil segar, cuci bersih dan keringkan, gulung dan potong berbentuk pita
  • ½ kg spaghetti
Basil-Garlic Oil
  • 60 mL minyak zaitun extra virgin
  • 6-8 buah bawang putih
  • 10 lembar daun basil segar
  • Bubuk cabai secukupnya
Cara membuat
  1. Didihkan air dalam panci berukuran besar. Sediakan air es dalam wadah yang lain. iris bagian bawah tomat membentuk huruf X, rebus dalam air mendidih selama 15 menit, lalu sesegera mungkin pindahkan ke dalam air es. Lakukan dengan sisa tomat. Tarik kulit tomat dengan tangan atau pisau, jika kulit masih lengket, gunakan pengupas sayuran. Belah tomat menjadi dua dan buang bijinya dengan menggunakan jari tangan.
  2. Gunakan wajan yang berdiameter lebar, panaskan 2 sdm minyak zaitun dengan panas sedang. Tambahkan tomat segar dan kalengan, bubuk cabai, dan bumbui dengan garam dan merica secukupnya (saus tomat akan mengental, jangan gunakan garam terlalu banyak). Biarkan tomat matang selama beberapa menit, lalu cincang lembut menggunakan potato masher. Masak tomat selama 20-25 menit hingga tomat lembut dan saus mengental. Anda dapat membuat saus terlebih dahulu, Anda dapat simpan selama 2 hari dalam lemari es atau bekukan untuk penyimpanan yang lebih lama.
  3. Membuat minyak basil-bawang putih: Panaskan 4 sdm minyak zaitun di atas api rendah, masukkan bawang putih, daun basil dan bubuk cabai. Biarkan mendidih perlahan agar citarasa bumbu sempurna. Saat bawang putih kecokelatan, matikan api dan sisihkan selama 10 menit agar dingin. Semakin lama Anda mendiamkan minyak, citarasa minyak akan semakin sempurna. Ambil bawang dan basil, sisakan minyak dan simpan.
  4. Masak spaghetti, didihkan air dan tambahkan garam. Masukkan spaghetti hingga al dente dan tiriskan. Sisakan sedikit air rebusan pasta.
  5. Tambahkan pasta ke dalam saus dan masak di atas api sedang, aduk pasta dan saus dengan menggunakan sendok kayu hingga pasta lembut dan saus menyatu. Jika saus terlalu kental, tambahkan sedikit air rebusan pasta. Matikan api, masukkan mentega, basil dan keju, aduk rata.
  6. Untuk penyajian, tetesi pasta dengan sedikit minyak basil-bawang putih.
Umumnya untuk membuat saus Scarpetta digunakan 20 buat tomat matang segar yang berukuran sedang. Di resep spaghetti scarpetta ini ditambahkan tomat kalengan karena hasilnya lebih baik. Tomat kalengan diambil saat puncak kematangan, sedangkan tomat yang matang berkualitas tinggi agak sulit ditemukan di pasaran. Resep ini memiliki kekentalan saus yang sedang, dan dikombinasikan dengan minyak basil-bawang putih sehingga rasanya dijamin cukup “nendang”. Yuk segera dicoba!

Sumber Gambar: steamykitchen.com