Resep Sop Buah

Hidangan segar yang pertama kali muncul di kota Bandung ini bisa menjadi hidangan pembuka puasa yang menarik. Rasa segar dari kuah manis yang terbuat dari es, sirup vanili, dan susu kental manis berpadu dengan segar dan asamnya buah-buahan. Pasti bisa mengembalikan rasa lemas anda setelah seharian berpuasa. Waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan resep sop buah ini amatlah singkat, jadi tidak akan merepotkan dalam mempersiapkannya. Hanya dibutuhkan sekitar 15 menit saja untuk menyiapkan 5 mangkok sop buah. Sangat praktis bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan hidangan buka puasa.

Untuk mendapatkan sop buah yang nikmat, selalu gunakan buah-buahan yang segar. Karena hidangan ini tidak diolah menggunakan panas api, maka sebaiknya semua buah anda cuci hingga benar-benar bersih, sehingga terbebas dari kuman dan sisa pestisida. Pastikan juga untuk menggunakan es batu yang anda persiapkan sendiri di rumah, karena es batu yang dijual di pasaran sering kali kurang terjaga kebersihannya.

Resep Sop Buah
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Dessert
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 5 mangkok
Bahan-bahan
  • 100 gr semangka merah, potong dadu
  • 100 gr nanas, potong segitiga kecil
  • 100 gr melon, buat bulatan sebesar kelereng
  • 100 gr pepaya, potong dadu
  • 100 gr anggur, belah dua
  • 500 gr es serut
  • 1 liter air
  • 5 sdm sirup vanili
  • 100 ml susu kental manis putih
Cara membuat
  1. Siapkan mangkok saji.
  2. Taruh melon, nanas, pepaya, nanas, semangka, anggur dalam mangkok.
  3. Campur air, susu kental manis jadi satu dalam tempat terpisah. Aduk rata. Tuangkan dalam mangkok saji yang telah berisi buah.
  4. Beri es serut dan sirup vanili, sajikan segera.

Anda bebas menambahkan buah-buahan kesukaan anda di dalam resep sop buah ini, namun selalu ingat untuk memilih yang segar dan mencucinya hingga benar-benar bersih. Karena selama berpuasa, imunitas tubuh kita sering lebih lemah jika dibandingkan hari-hari biasa.  Menjaga kebersihan makanan adalah salah satu tips agar ibadah puasa tetap berjalan lancar. Selamat mencoba resep ini dan jangan lupa berbagi komentar dan pengalaman dengan kami.

About Adam

Originally from Australia, Adam left his corporate career in 2009 and has been travelling and eating ever since. A long-term visitor to Indonesia, he met Susan here and they later married. Follow on twitter!