Resep Manisan Kolang Kaling

Kolang-kaling atau dikenal dengan nama lain cengkaleng (bahasa sunda), enau (sumatra), ijuk (sulawesi) merupakan buah dari pohon aren yang direbus dalam jangka waktu lama, dan biasanya dijual di pasar sudah dalam keadaan siap olah. Untuk dibuat manisan, pilihlah kolang-kaling yang berbentuk pipih, karena hal ini menandakan kolang-kaling masih dalam keadaan muda, sehingga lebih empuk untuk diolah. Cuci bersih kolang-kaling sehingga air lendirnya hilang, lalu rendam selama 2 jam dengan air cucian beras. Tiriskan, lalu cuci kembali hingga benar-benar bersih.

Dalam kolang-kaling banyak terkandung serat yang bagus bagi pencernaan. Kudapan manisan kolang-kaling tentu sangat cocok dengan pola makan saat Lebaran yang cenderung miskin serat. Agar semakin sehat, anda bisa mempertimbangkan penggunaan gula diet sebagai bahan pemanis menggantikan penggunaan gula pasir. Perhatikan juga penggunaan bahan pewarna makanan, tidak perlu menggunakan terlalu banyak. Selain dijadikan kudapan langsung, manisan kolang-kaling ini bisa juga dijadikan bahan campuran es buah ataupun es campur.

Resep Manisan Kolang Kaling
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Dessert
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 10 porsi
Bahan-bahan
  • 1 kg kolang kaling muda
  • 400 gr gula pasir
  • 10 butir cengkih
  • 5 cm kayu manis
  • 2 lembar daun pandan, ikat simpul
  • 1.2 liter air
  • Sedikit pewarna merah dan hijau untuk makanan
Cara membuat
  1. Rebus air bersama gula pasir, cengkeh, kayu manis, daun pandan hingga mendidih dan keluar aroma harum.
  2. Masukkan kolang-koling dalam api kecil hingga kolang-kaling matang. Tambahkan sedikit pewarna, bila suka. Angkat.
  3. Simpan dalam lemari es hingga saat dihidangkan.

Selamat mencoba resep manisan kolang-kaling dari kami ini, dan semoga resep ini bisa menjadi alternatif cemilan sehat saat Lebaran. Selamat mencoba dan semogo sukses! Jangan lupa untuk berbagi cerita di kolom komentar.

About Adam

Originally from Australia, Adam left his corporate career in 2009 and has been travelling and eating ever since. A long-term visitor to Indonesia, he met Susan here and they later married. Follow on twitter!