Resep Kue Semprit

Berbentuk bunga dan berhiaskan sukade (irisan buah kering) dibagian tengahnya, siapa yang tidak terpuka dengan tampilan kue semprit? Dari segi bahan baku, kue kering ini hampir mirip dengan kue sagu keju, hanya berbeda pada penggunaan tepung saja. Kue semprit menggunakan lebih banyak tepung terigu, sedangkan kue sagu sesuai namanya menggunakan tepung sagu. Mengapa dinamakan kue semprit? Mungkin karena orang Indonesia kesulitan menyebutkan ‘spuit’ proses pencetakan kue menggunakan plastik segitiga dan besi corong khusus untuk membuat kue, sehingga muncullah istilah kue semprit.

Sukade yang digunakan dalam resep kue semprit ini adalah sejenis manisan kering dari labu. Biasanya di psaran terdapat tiga warna sukade; merah, hijau, dan kuning. Di dalam resep ini hanya digunakan sukade merah saja. Untuk lebih meriah, anda bisa menggunakan sukade berbagai macam warna.

Resep Kue Semprit
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Cemilan
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 700g
Bahan-bahan
  • 350 gr tepung terigu protein sedang
  • 100 gr tepung maizena
  • 200 gr mentega
  • 200 gr gula bubuk
  • 4 kuning telur
  • 2 putih telur
  • 50 gram Sukade/buah kering untuk hiasan
  • 1 sdt vanila bubuk
  • ½ sdt garam
  • Margarin untuk olesan
Cara membuat
  1. Kocok mentega dengan ½ bagian gula bubuk hingga mengembang. Masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga tercampur rata.
  2. Masukkan tepung terigu, garam, vanili bubuk dan tepung maizena, aduk perlahan dengan sendok kayu hingga rata.
  3. Kocok putih telur dengan sisa gula bubuk hingga mengembang dan kaku. Masukkan ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
  4. Masukkan adonan kedalam plastik segitiga yang telah diberi mata spuit bentuk bintang. Semprotkan adonan bentuk bunga di atas loyang datar yang telah diolesi margarin. Hias bagian atasnya dengan sukade.
  5. Panggang dengan suhu 160°C selama 25 menit hingga matang dan kering. Angkat dan biarkan dingin. Simpan dalam stoples kedap udara.

Karena bentuk kue ini yang cantik, dengan dikemas sederhana pun kue ini sudah bisa menjadi suguhan yang menarik di meja anda. Selamat mencoba resep kue semprit, dan jangan lupa untuk berbagi cerita di kolom komentar. Semoga berhasil!

About Adam

Originally from Australia, Adam left his corporate career in 2009 and has been travelling and eating ever since. A long-term visitor to Indonesia, he met Susan here and they later married. Follow on twitter!