Resep Ayam Teriyaki

Ayam tumis dengan cita rasa manis ini merupakan masakan yang lazim ada di restoran fastfood bergaya Jepang. Menghadirkan resep ayam teriyaki pada saat sahur, bisa membuat semangat bersantap putra-putri anda meningkat. Apalagi jika anak anda adalah penggemar masakan Jepang. Cara membuatnya cukup sederhana, dan bahan-bahan yang digunakan pun mudah ditemui di supermarket dekat rumah.

Jika menyukai rasa bumbu yang lebih meresap pada ayam, anda bisa merendam (marinade) daging ayam dari malam hari sebelum tidur, dan menyimpannya di kulkas. Saat mengolah di dini hari, bumbu akan lebih meresap ke dalam daging ayam. Dengan cara ini, anda bisa mengurangi penggunaan garam pada resep ayam teriyaki. Untuk kombinasi, dan jika anda memiliki sedikit lebih banyak waktu, anda bisa memadukan resep ayam teriyaki ini dengan sop sayuran yang hangat agar santap sahur anda makin nikmat.

Resep Ayam Teriyaki
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Main
Cuisine: Jepang
Saran penyajian: 5
Bahan-bahan
  • 400 gram paha ayam tanpa tulang
  • 1 buah bawang bombay, iris halus
  • 1 siung bawang putih, memarkan
  • 2 cm jahe, parut
  • 25 ml bumbu teriyaki instant
  • 2 sdm minyak sayur
Cara membuat
  1. Cuci bersih ayam, lalu tiriskan dari sisa air cucian. Iris ayam ukuran 3x3 cm, lalu baluri dengan bumbu teriyaki instan, biarkan selama 10 menit hingga bumbu meresap.
  2. Panaskan minyak sayur, tumis bawang bombay, bawang putih, dan jahe hingga harum.
  3. Masukkan ayam, dan masak hingga matang dan bumbu mengental. Sajikan hangat.

Jika tidak mempunyai banyak waktu untuk mengolah sayuran pendamping bagi resep ayam teriyaki, anda bisa menyajikan dengan salad wortel dan kol yang diiris halus, disajikan dengan dressing saus thousand islands. Dengan begini, anda tetap akan mendapatkan asupan serat dari sayuran yang cukup tanpa perlu tambah repot memasak sayuran.

Selamat mencoba resep ayam teriyaki, jika menyukainya silakan berbagi dengan teman-teman anda melalui social media yang anda punya.

About Adam

Originally from Australia, Adam left his corporate career in 2009 and has been travelling and eating ever since. A long-term visitor to Indonesia, he met Susan here and they later married. Follow on twitter!