Resep Tape Ketan

Tape ketan hitam adalah salah satu sajian Lebaran tradisional yang mulai jarang dihidangkan saat ini. Proses pembuatannya yang sedikit membutuhkan waktu biasanya menjadi alasan mengapa orang malas membuat tape ketan hitam. Belum lagi risiko gagal pada saat proses fermentasi tape. Namun jika anda mengikuti langkah-lang pembuatan resep tape ketan hitam dari kami dengan benar, risiko kegagalan bisa diperkecil.

Beberapa tips yang bisa anda tiru antara lain; saat mencuci ketan, usahakan sampai benar-benar bersih dari debu dan kotoran, hal ini agar tape ketan tidak cepat basi dan bebas dari butiran kerikil yang biasanya ada di beras ketan. Agar proses fermentasi berjalan sempurna, jangan pernah membuka tutup wadah selama 3 hari. Tanda bahwa proses fermentasi sudah selesai, biasanya mulai tercium aroma khas tape ketan di jam ke 70. Anda bisa mengeluarkan tape ketan dari wadah pembuatannya dan disimpan di kulkas agar proses fermentasi selesai.

Resep Tape Ketan
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Cemilan
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 25 porsi
Bahan-bahan
  • 1 kg ketan hitam
  • 5 butir ragi ketan
  • 5 sdm gula pasir halus, jika suka
Cara membuat
  1. Cuci beras ketan hingga benar-benar bersih, buang semua kerikil kecil yang ada. Kemudian rendam selama 12 jam (satu malam)
  2. Buang air rendaman, cuci kembali beras ketan hingga bersih. Kukus selama 30 menit, angkat.
  3. Tuang dan ratakan di atas nampan, biarkan hingga dingin selama 2 jam.
  4. Siapkan wadah berpenutup. Bagi ketan kukus menjadi 5 bagian. Ratakan 1 bagian di dasar wadah, taburi dengan ragi tape yang sudah di haluskan. Taburi lagi diatasnya lagi dengan gula pasir.
  5. Ambil 1 bagian ketan kukus lagi, taburi ragi, dan gula pasir. Lakukan terus hingga seluruh adonan ketan, ragi dan gula habis.
  6. Tutup rapat wadah, biarkan selama 3×24 jam, dan jangan dibuka-tutup selama proses fermentasi.
  7. Setelah 3 hari tape siap dinikmati.

Dinbeberapa daerah, tape ketan biasanya disajikan dengan penganan lainnya saat Lebaran. Di suku Betawi, tape ketan disajikan dengan dengan uli, menjadi tape uli. Di Sumatera Barat tape ketan menjadi teman lamang, sejenis olahan mirip lontong dari ketan yang dibakar dalam bambu. Di beberapa daerah lainnya, ada yang menghidangkan tape ketan dengan ditaburi kacang bawang. Pada sajian modern, tape ketan biasanya menjadi salah satu bahan pada es campur.

Bagaimanapun cara penyajian tape ketan anda, pasti hidangan ini akan menjadi hidangan yang spesial di hari raya. Jika anda menyukai resep tape ini, silakan berbagi dengan teman-teman anda lewat google+, pinterest maupun twitter. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

About Adam

Originally from Australia, Adam left his corporate career in 2009 and has been travelling and eating ever since. A long-term visitor to Indonesia, he met Susan here and they later married. Follow on twitter!