Resep Sup Oyong

Oyong atau dalam bahasa Jawa disebut gambas, dipercaya merupakan sayuran yang mampu menurunkan kadar gula darah secara alami. Sangat baik dikonsumsi secara rutin oleh penderita diabetes. Zat penurun kadar gula darah terdapat dalam biji oyong, oleh sebab itu sebaiknya ketika mengolah oyong bagian bijinya tidak dihilangkan. Selain untuk menurunkan kadar gula darah, oyong juga bemanfaat untuk meredakan radang tenggorokan dan mencegah konstipasi.

Biasanya oyong dimasak sebagai pelengkap sayur bening bayam. Kali ini kami menghadirkan olahan oyong yang sedikit berbeda; resep sup oyong. Sayuran ini meski banyak manfaatnya, namun rasanya cenderung plain, sehingga menyebabkan orang malas mengolahnya. Dengan bumbu sup yang lebih terasa merica dan bawang putihnya, oyong akan lebih sedap disantap. Padukan dengan misoa dan wortel sebagai pelengkap, maka sup oyong yang anda sajikan sebagai sayuran untuk sahur akan lebih nikmat lagi. Menyiapkan sup oyong pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Jadi anda tidak perlu terlalu repot menyiapkan hidangan di tengah terbatasnya waktu sahur.

Resep Sup Oyong
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Main
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 5
Bahan-bahan
Bahan:
  • 4 buah oyong ukuran sedang dipotong-potong
  • 50 gr soun rendam air panas hingga mekar, lalu tiriskan
  • 1 batang daun bawang potong 1 cm
  • 1 sdm bawang merah goreng untuk taburan
  • 700 ml air
  • 1 sendok makan minyak goreng
Bumbu Halus :
  • 2 butir bawang putih ukuran besar
  • ½ sdt merica bubuk
  • ½ sdm garam
Cara membuat
  1. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu hingga harum, masukkan air, masak hingga mendidih.
  2. Setelah itu masukkan oyong, lalu masak hingga oyong matang, baru masukkan soun dan daun bawang, angkat, sajikan dengan ditaburi bawang goreng.

Bahan lain yang dapat anda gabungkan selain misoa dan wortel, bisa anda pilih misalnya; kembang kol, sosis ayam, baso ikan, udang, ataupun bahan lainnya sesuai selera anda. Selamat mencoba resep sup oyong dari kami, semoga anda menyukainya. Jangan lupa untuk membagi resep ini dengan rekan-rekan anda melalui social media yang anda punya.

About Adam

Originally from Australia, Adam left his corporate career in 2009 and has been travelling and eating ever since. A long-term visitor to Indonesia, he met Susan here and they later married. Follow on twitter!