Resep Setup Pisang

Sebagai negara tropis, Indonesia sangat kaya dengan beragam jenis pisang. Beda jenis pisang, pastinya beda juga cara mengolahnya. Satu jenis pisang saja bisa diolah menjadi berbagai macam jenis. Salah satunya pisang kepok. Pisang dengan tekstur padat dan berkulit tebal ini biasanya memang tidak dijadikan pisang buah yang dikonsumsi begitu saja. Pisang kepok lebih umum disajikan dalam bentuk sudah diolah, misalnya menjadi pisang goreng, pisang rebus, kolak pisang, atau menjadi hidangan yang akan kami sajikan dalam resep setup pisang ini.

Energi yang dihasilkan oleh pisang, termasuk energi instan. Artinya, sesaat setelah anda mengonsumsi pisang anda akan langsung bisa merasakan tambahan energi. Itulah sebabnya hidangan setup pisang ini sangat pas sebagai hidangan pembuka puasa.

Resep setup pisang bisa dibilang juga sedikit lebih sehat dibandingkan kolak pisang, karena dalam setup pisang tidak menggunakan santan yang kaya akan kolesterol. Namun anda tetap perlu memperhatikan penggunaan gula, terutama bagi anda yang mempunyai kadar gula dalam darah yang tinggi. Pada dasarnya pisang kepok sudah memiliki rasa manis alami, jadi anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak gula.

Resep Setup Pisang
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Dessert
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 5
Bahan-bahan
  • 10 buah pisang kepok tua
  • 500 ml air
  • 150 gr gula pasir
  • 5 cm kayu manis
  • 5 butir cengkeh
Cara membuat
  1. Rebus air dengan gula merah, gula pasir, kayu manis dan cengkeh hiangga gula larut dan tercium harum aroma kayu manis. Angkat dan saring.
  2. Rebus kembali air gula, masukkan pisang kepok. Masak dengan api kecil hingga pisang matang. Sajikan hangat.

Sangat praktis bukan resep setup pisang yang kami sajikan? Anda pasti bisa mengikutinya dan menyajikan hidangan ini saat bulan puasa nanti. Selamat mencoba resep ini dan jika anda menyukainya, jangan lupa untuk berbagi dengan teman dan saudara anda melalui icon-icon social media dibawah ini.

About Adam

Originally from Australia, Adam left his corporate career in 2009 and has been travelling and eating ever since. A long-term visitor to Indonesia, he met Susan here and they later married. Follow on twitter!