Resep Sayur Bayam

Bayam kaya vitamin B yang bagus bagi proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Selain itu bayam juga kaya akan mineral-mineral lainnya seperti; folat, magnesium, mangan, kalium dan kalsium. Juga kaya akan serat dan antioksidan yang sangat bagus bagi pencernaan dan kesehatan kulit. Saat berpuasa, tubuh memerlukan banyak asupan antioksidan agar kulit kita tetap terlihat segar. Seporsi sayur bening bayam bersama nasi dan lauk pauk lainnya bisa memberikan asupan gizi yang cukup sehingga tubuh akan tetap sehat untuk berpuasa.

Agar tetap memberikan manfaat yang optimal, sebaiknya resep sayur bayam dibuat sesaat sebelum berbuka puasa. Jangan menghidangkan sayur bayam yang dibuat sudah lebih dari 4 jam. Hal ini untuk mencegah senyawa nitrat yang terkandung dalam bayam masuk ke dalam tubuh. Senyawa nitrat ini, jika masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan darah kesulitan mengikat oksigen, sehingga mengakibatkan orang yang mengonsumsinya menjadi lemas, atau mengantuk. Masaklah sayur bayam dalam porsi sekali habis, sehingga tidak perlu menghangatkannya kembali.

Biar tampilan sayur bayam anda lebih menarik, anda bisa menambahkan beberapa bahan tambahan dalam sayur bayam anda, misalnya; jagung manis, jamur merang, tahu sutera, atau juga wortel. Penambahan bahan lainnya ini selain memberikan variasi rasa juga memberikan variasi warna agar lebih menggugah selera bagi anda yang menyantapnya.

Resep Sayur Bayam
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Main
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 6
Bahan-bahan
Bahan:
  • 300 gr daun bayam
  • 100 gr wortel, iris bulat tipis
  • 1 liter air
Bumbu:
  • 4 butir bawang merah, iris halus
  • 2 siung bawang putih, iris halus
  • 3 cm temukunci (jika suka)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
Cara membuat
  1. Didihkan air, masukkan bawang putih, bawang merah, daun salam dan temukunci.
  2. Setelah bumbu layu, masukkan wortel dan masak hingga wortel setengah matang.
  3. Masukkan daun bayam, didihkan kembali sebentar. Angkat sayur dan sajikan hangat.
Jangan lupa untuk memasak sayur bayam hanya dalam porsi sekali habis saja. Menghangatkan kembali sayur bayam sangat tidak disarankan. Karena selain rasanya tidak akan lezat lagi, pemanasan kembali akan merubah sayur bayam kaya akan senyawa nitrat yang tidak baik bagi tubuh. Selamat mencoba resep sayur bayam dari kami, semoga keluarga anda menyukainya. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar di kolom yang sudah kami sediakan ya!




Leave a Reply