Resep Perkedel

Perkedel adalah olahan kentang yang diadaptasi dari makanan khas negeri Belanda frijkadel. Jika pada resep asalnya lebih banyak menggunakan daging cincang dibandingkan kentang, resep perkedel di Indonesia justru kebalikannya, penggunaan kentang lebih besar porsinya dibanding daging cincang. Perkedel biasanya disajikan sebagai lauk pelengkap sayur sop atau soto di beberapa daerah, misalnya soto padang dan soto kudus.

Orang Belanda menjadikan frijkadel sebagai sumber karbohidrat, sementara di Indonesia perkedel dijadikan lauk, meskipun bahan baku utamanya adalah kentang yang notabene adalah karbohidrat. Menjadikan perkedel sebagai lauk boleh-boleh saja. Asalkan anda tetap memperhatikan porsi penyajiannya. Gorenglah perkedel dalam bentuk yang kecil sehingga porsi asupan karbohidrat tetap terjaga.

Resep Perkedel
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Cemilan
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 5
Bahan-bahan
Bahan:
  • 500 gr kentang ukuran sedang, cuci bersih, kukus hingga matang
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 150 gr daging sapi cincang
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • Minyak untuk menggoreng
Bumbu halus:
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 1 sdm merica
  • 1 sdm garam
Cara membuat
  1. Siapkan wadah, haluskan kentang kukus. Campur dengan bumbu halus dan daging cincang.
  2. Masukkan daun bawang, dan aduk kembali hingga tercampur rata.
  3. Bentuk adonan menjadi bulatan pipih. Celupkan ke dalam telur ayam yang sudah dikocok lepas.
  4. Goreng hingga cokelar keemasan. Sajikan segera.
Ada dua cara pengolahan kentang untuk membuat perkedel. Yang pertama adalah kentang mentah dikupas dan digoreng setengah matang terlebih dahulu sebelum dibumbui dan kemudian digoreng kembali. Cara ini membuat perkedel akan terasa lebih gurih dan terasa kesat di bagian dalamnya. Namun proses penggorengan kentang selama 2 kali akan membuat perekedel yang diolah dengan cara ini lebih kaya akan minyak goreng. Cara yang kedua adalah dengan mengukus kentang sebelum dibumbui. Cara yang kedua ini pastinya lebih sehat karena anda bisa mengurangi penggunaan minyak goreng. Hanya saja hasil perkedelnya biasanya agak sedikit lembek di bagian dalam.

Cara manapun yang anda pilih, jika anda mengikuti langkah-langkah yang kami sajikan dalam resep perkedel di atas, perkedel buatan anda pasti akan terasa lezat. Selamat mencoba resep ini!




loading...

Leave a Reply