Resep Nagasari

By March 21, 2014Resep Masakan Indonesia

Nagasari adalah salah satu kue basah tradisional yang masih awet populer hingga sekarang di kalangan muda hingga tua. Kue ini berbahan dasar tepung beras sehingga bersifat kenyal, di dalamnya dimasukkan pisang yang manis dan legit. Meskipun tidak banyak modifikasi yang dilakukan, nagasari tetap menjadi salah satu penganan ringan favorit keluarga Indonesia yang tersedia di pasar tradisional hingga toko kue yang populer di kota-kota besar.

Kali ini kami menyediakan resep nagasari dengan mudah dan sederhana. Gunakan pisang raja, pisang tanduk atau pisang sesuai selera anda untuk mengisi bagian tengah kue. Untuk membuat nagasari sendiri cukup mudah, tantangannya adalah bagaimana membuat adonan yang lembut dan bebas gumpalan. Yuk kita coba di rumah, keluarga anda pasti senang dibuatnya!

Resep Nagasari
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Cemilan
Cuisine: Indonesia
Bahan-bahan
Bahan I:
  • 200 gram tepung beras
  • 400 ml santan kekentalan sedang
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh vanila ekstrak atau ½ sendok teh vanili bubuk
  • 130 gram gula pasir
Bahan II :
  • 100 gram tepung tapioka
  • 400 ml santan kental
Bahan lain:
  • pisang raja secukupnya, potong melintang sepanjang 3 cm dan belah dua
  • daun pisang untuk membungkus
Cara membuat
  1. Bahan I: Masukkan tepung beras dan santan ke dalam panci, aduk rata.
  2. Gunakan saringan untuk menyaring gumpalan pada adonan.
  3. Masukkan adonan ke dalam panci, tambahkan gula pasir, garam dan daun pandan. Masak dengan menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk hingga adonan menjadi kental.
  4. Tuangkan bahan II ke dalam adonan di panci, aduk dan masak terus hingga adonan kental, pekat dan santan mengering.
  5. Siapkan 2 lembar daun pisang, sepanjang 15 cm, bentangkan. Letakkan 2 sdm adonan di atas daun, tekan-tekan agar melebar. Letakkan 1 buah pisang di tengah adonan, dan tutup kembali dengan adonan.
  6. Bungkus adonan dengan daun pisang, dengan melipat ke dalam. Hati-hati jangan sampai daun pisang robek.
  7. Letakkan kue di dalam dandang kukusan dengan bagian lipatan di bagian bawah. Kukus selama 20 menit. Angkat setelah matang, biarkan hingga dingin, sajikan.
Untuk mempermudah membungkus nagasari, gunakan daun pisang yang telah dibersihkan dan dipanaskan di atas api agar daun pisang lebih lemas. Gunakan selalu tepung terigu yang masih segar untuk menghindari bau apak. Nah, langkah yang kami sediakan cukup mudah untuk anda mencoba sendiri, bukan ? Semoga bermanfaat.




Leave a Reply