Resep Kue Ape Pandan

By March 21, 2014Resep Masakan Indonesia

Pecinta kuliner pasti sudah tak asing lagi dengan kue bulat berwarna hijau, yang sering dijajakan di gerobak pinggir jalan ini, Resep Kue Ape Pandan. Kue Ape dimasak menggunakan kuali mini yang membuatnya tebal di tengah dan pinggiran yang renyah. Rasanya manis legit dan harganya murah, membuat kue ini digemari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sayangnya, kue ini cukup rapuh sehingga tidak banyak dijual di toko-toko kue sehingga hanya dijual oleh penjual khusus.

Nah, tentunya daripada membeli kue ini di gerobak pinggir jalan yang belum tentu higienis, yuk kita coba membuatnya sendiri di rumah! Resepnya cukup mudah, Anda cukup menyiapkan bahan-bahan dan juga wajan/kuali khusus untuk membuat kue Ape.

Resep Kue Ape Pandan
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Cemilan
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 6 porsi
Bahan-bahan
  • 200 gram tepung beras
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh garam
  • 175 gram gula pasir
  • 400 ml air
  • 25 ml air daun suji (dari 25 lembar daun suji + 2 lembar daun pandan)
  • 8 tetes pasta pandan
Cara membuat
  1. Campur tepung beras, tepung terigu, baking powder, dan garam jadi satu.
  2. Masukkan gula dan tambahkan setengah bagian air sedikit-sedikit, uleni selama 15 menit hingga rata.
  3. Masukkan air daun suji sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan sampai menyatu. Diamkan 1 jam sampai adonan mengembang dua kali lipat.
  4. Panaskan kuali kue ape di atas api besar, olesi kuali dengan sedikit minyak.
  5. Tuang adonan ke dalam kuali dengan sendok sayur, tekan bagian tengahnya hingga membentuk pinggiran berkulit renyah. Tutup.
  6. Kecilkan api dan biarkan matang kira-kira 3-4 menit.
Kue Ape sangat lezat dimakan hangat-hangat, dengan pinggiran kulit yang masih renyah, oleh karena itu, lebih baik memasak adonan segera sebelum disajikan. Jika ingin menyajikan kue ape dalam jumlah banyak, jangan letakkan kue ape di wadah tertutup karena uap panasnya akan melemaskan kue dengan terlalu cepat. Letakkan kue di suhu ruangan. Oke, selamat mencoba di rumah!




Join the discussion 5 Comments

Leave a Reply