Resep Keripik Singkong Daun Jeruk

By February 9, 2014Resep Masakan Indonesia

Resep keripik singkong kini merupakan salah satu makanan ringan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari pengolahan yang tradisional hingga dikemas dalam kemasan yang modern, keripik singkong tersedia di pasar dengan berbagai varian rasa, dan harganya cukup terjangkau. Namun siapa yang bisa menjamin bahwa keripik singkong yang beredar di pasaran bebas zat additif seperti pengawet dan atau penyedap rasa dan bahan sintetis lainnya?

Untuk itu, kali ini kami sajikan resep mudah membuat Keripik Singkong Daun Jeruk. Anda dan keluarga tidak perlu lagi kuatir mengkonsumsi keripik singkong karena bahan yang digunakan relatif aman — dan tentunya tanpa zat tambahan sintetis lainnya.

Resep Keripik Singkong Daun Jeruk
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Cemilan
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 8
Bahan-bahan
  • 1 L air untuk merendam
  • 1 sdt garam
  • 750 gr singkong
  • 1 sdt baking powder
  • Minyak untuk mengoreng dan menumis
  • 2 sdm daun jeruk iris tipis
Cara membuat
  1. Campur air dan garam, sisihkan
  2. Kupas singkong, lalu iris melintang tipis. Rendam singkong iris dalam air garam ± 5 menit. Bilas dengan air bersih, tiriskan hingga kering. Aduk bersama baking powder, diamkan ± 15 menit.
  3. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan, masukkan singkong sedikit demi sedikit. Aduk perlahan agar singkong tidak saling melekat
  4. Goreng hingga kering dan matang. Angkat, tiriskan.
  5. Panaskan ± 3sdm minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun jeruk, kecilkan apinya, aduk hingga bumbu harum dan kering.
  6. Masukkan keripik singkong ke dalam wajan, aduk. Matikan api, aduk terus hingga keripik singkong rata terlumuri bumbu. Angkat, biarkan dingin.
Tips: untuk mendapatkan keripik yang renyah, sebelum dicampur dengan baking powder, seka dulu singkong hingga kering. Atau bungkus dengan beberapa lapis serbet kain, lalu tindih dengan pemberat, seperti mengeluarkan air dari tahu. Simpan dalam toples kedap udara agar lebih awet.

Mudah bukan membuatnya? Selamat mencoba!




loading...

Leave a Reply