Resep Kacang Mede

Cemilan lain yang biasanya disajikan saat Lebaran selain kacang bawang dan kacang telur, biasanya adalah kacang mede. Rasanya yang lebih gurih dibanding kacang tanah membuat kacang mede digemari banyak orang. Kali ini kami menyajikan resep kacang mede yang agak berbeda dari biasanya. Seringkali orang mengolah kacang mede hanya digoreng dengan bumbu bawang putih, atau bahkan hanya garam saja. Dalam resep kacang mede ini kami mengolah lebih lanjut dengan bumbu gula karamel dan bubuk cabai, sehingga menghasilkan resep kacang mede pedas manis.

Kacang mede sendiri banyak mengandung mineral dan lemak tak jenuh ganda yang baik bagi kesehatan. Namun harus diperhatikan pemakaian garam dalam pengolahan kacang mede. Bahan mentah yang bagus bagi kesehatan bisa menjadi jahat karena diolah dengan banyak garam (natrium). Untuk itu, jika anggota keluarga anda ada yang menjalani diet rendah garam, sebaiknya mengolah kacang mede dengan sedikit atau tanpa garam. Lebih baik lagi jika mengolahnya dengan cara dipanggang daripada di goreng. Atau boleh saja tetap diolah dengan garam, asalkan tetap dikonsumsi dalam jumlah yang moderat.

Resep Kacang Mede
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Cemilan
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 1kg
Bahan-bahan
Bahan-bahan:
  • 1.5 kg kacang mede kupas
  • 8 siung bawang putih1
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 sdm garam
  • 1.5 liter minyak goreng
Bumbu Pedas Manis:
  • 100 gr gula pasir
  • 1 sdm bubuk cabai kering
  • 3 lembar daun jeruk nipis, iris halus
Cara membuat
  1. Haluskan bawang putih, ketumbar dan garam, tambahkan 4 sdm air untuk melarutkan.
  2. Campur kacang mede dengan bumbu halus dan biarkan selama 2 jam.
  3. Goreng kacang dengan minyak banyak dan panas dengan api sedang hingga keemasan. Angkat.
  4. Panaskan wajan anti lengket dengan sedikit minyak, larutkan gula dan panaskan hingga menjadi caramel, masukkan irisan daun jeruk nipis dan kacang mede, aduk hingga tercampur rata. Masukkan bubuk cabai, angkat. Dinginkan, simpan dalam stoples kedap udara.

Untuk Lebaran, hasil resep kacang mede ini bisa anda letakkan dalam stoples cantik, lalu anda jadikan hantaran bagi sanak saudara lainnya. Dengan cara pengolahan yang berbeda pasti kacang mede anda menjadi favorit semuanya. Selamat mencoba resep ini, jika suka jangan lupa untuk berbagi dengan teman-teman anda melalui twitter ataupun google+.

About Adam

Originally from Australia, Adam left his corporate career in 2009 and has been travelling and eating ever since. A long-term visitor to Indonesia, he met Susan here and they later married. Follow on twitter!