Resep Jahe Secang Pandan

By November 22, 2015Resep Masakan Indonesia

Pernahkah Anda menikmati jahe secang pandan? Sesuai dengan namanya jahe secang pandan terbuat dari kulit kayu secang ditambah daun pandan dan jahe ini, ternyata banyak manfaatnya. Di antaranya, berkhasiat untuk menghilangkan pegal linu, meningkatkan stamina, menjaga daya tahan tubuh dan asam urat. Tapi syaratnya, Anda harus mengkonsumsinya setiap hari. Jadi bila anda malas untuk beli minuman yang satu ini, anda dapat membuatnya sendiri. Berikut resep cara pembuatan jahe secang pandan.

Resep Jahe Secang Pandan
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Minuman
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 5 porsi
Bahan-bahan
  • 1 genggam kayu secang
  • 100 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 50 gram jahe merah segar (memarkan)
  • 25 gram biji selasih (rendam dalam 100 ml air hangat matang)
  • 1 liter air
Cara membuat
  1. Rebus air, jahe, gula, daun pandan, dan kayu secang hingga mendidih (air berubah menjadi berwarna merah dan beraroma pandan jahe).
  2. Siapkan gelas atau cangkir, beri rendaman selasih ⅕ bagian, siram dengan air jahe secang panas.
  3. Hidangkan hangat berfungsi sebagai obat panas dalam.
Nah, bagaimana? Sudahkan anda mencoba resep ini di rumah? Walaupun agak sulit, tapi minuman ini memiliki manfaat yang cukup baik bagi tubuh kita. Minuman ini dapat diminum setiap hari dan tidak memiliki efek samping. Bila cuaca di luar cukup dingin, Anda dapat minum jahe secang pandan ini dalam keadaan hangat-hangat karena minuman ini dapat menghangatkan tubuh dan dapat mengobati panas dalam. Selamat mencoba!

Sumber gambar: hariqhuang.wordpress.com