Resep Cheese Cake Mangga

By January 17, 2016Amerika

Cheese cake adalah jenis dessert yang kini populer dan mudah ditemui, terutama di bakery, pastry, bahkan coffee shop. Biasanya cheese cake disajikan bersama kopi, teh atau minuman favorit lainnya untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang yang anda cintai. Dari namanya, tentu keju adalah bahan utama cheese cake. Keju untuk cheese cake merupakan keju yang muda, yang memiliki tekstur yang lembut dengan aroma yang lebih ringan dibandingkan keju tua.

Kali ini kami memadukan lezatnya biskuit beraroma vanilla dengan adonan cheese cake, dalam resep Cheese Cake Mangga. Cheese cake ini dipanggang dengan teknik Au Bain Marie, untuk menjaga agar cake tidak gosong. Sudah terbayang segar dan lezatnya cheese cake ini? Cukup mudah kok membuatnya, tengok resepnya yuk!

Resep Cheese Cake Mangga
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Dessert
Cuisine: Amerika
Saran penyajian: 15 potong
Bahan-bahan
Alas:
  • 125 g biskuit vanilli, hancurkan
  • 1 sdm brown sugar
  • 50 g mentega tawar, lelehkan
Cheese cake:
  • 375 g cream cheese
  • 80 g gula castor
  • 1 sdm tepung custard
  • 20 g tepung maizena
  • 250 g daging buah mangga, haluskan
  • 3 butir telur, kocok
  • 150 ml whip cream
Topping:
  • 1 buah mangga, iris tipis
  • 100 g selai aprikot, didihkan bersama 50 ml air dengan api kecil, aduk.
Cara membuat
  1. Siapkan oven dengan suhu 150oC, siapkan loyang spring form yang sudah diolesi mentega. Beri alas kertas roti yang juga diolesi mentega.
  2. Alas: campur biskuit bersama brown sugar dan mentega. Aduk rata, letakkan menutupi dasar loyang. Tkan-tekan agra melekat. Simpan dalam lemari es.
  3. Cheese cake: kocok cream cheese bersama gula, tepung, custard, dan maizena hingga lembut, masukkan daging buah mangga sambil terus dikocok perlahan hingga tercampur rata. Tuangi kocokan telur sedikit demi sedikit sambil terus dikocok, masukkan whip cream, aduk hingga adonan tercampur rata dan mengental. Tuang adonan cheesecake ke dalam loyang yang sudah dialasi biskuit.
  4. Panggang dengan cara au bain marie selama 75 menit hingga matang. Matikan oven, keluarkan loyang au bain marie, biarkan cheesecake dingin dalam oven yang terbuka.
  5. Topping: lepaskan cheesecake dari cetakannya, susun irisan tipis mangga di lapisan atas cheesecake, tutup dengan olesan selai aprikot, tutup dengan clingwrap. Simpan dalam lemari es. Potong sesuai selera.
Tips: agar cheese cake mengembang saat dipanggang, kocok adonan cheese cake secara terpisah hingga lembut, sebentar saja. Setelah itu masukkan ke dalam kocokan telur yang sudah dikocok sampai mengental sebelumnya.

Cheese cake sudah matang jika seluruh adonan sudah mengeras tapi bagian tengahnya masih terlihat setengah matang dan sedikit cair. Matikan api oven, biarkan suhu panas menurun perlahan agar cheese cake tidak menciut ke bawah. Biarkan cake dingin di dalam oven. Setelah benar-benar dingin, simpan cheesecake bersama loyang dalam kulkas agar memadat.

Tidak susah ya membuat Cheese Cake Mangga sendiri di rumah? Tunggu apalagi, selamat memasak!

Sumber Gambar : crealuvkazz.blogspot.com