Resep Bika Ambon

By April 12, 2013Resep Masakan Indonesia

Meski menyandang nama Ambon, cake yang satu ini tidak berasal dari salah satu propinsi di bagian timur Indonesia, tetapi justru dari ibukota Sumatera Utara yaitu Medan. Konon, pada mualanya salah satu toko yang pertama kali menjajakan cake ini terletak di Jalan Ambon, Kota Medan. Dari situlah nama kue berwarna kuning ini berasal. Hingga saat ini, bika ambon sudah menjadi oleh-oleh khas dari kota Medan.

Untuk sajian Lebaran, kue ini cukup pas anda sajikan sebagai suguhan bagi para tamu. Meski untuk membuatnya dibutuhkan sedikit kesabaran karena anda perlu mendiamkan adonan selama satu malam (12 jam), rasanya kesabaran anda akan terbayarkan oleh kelegitan kue ini. Selain proses mendiamkan adonan yang cukup lama, yang perlu anda perhatikan dalam pembuatan resep bika ambon adalah saat pemanggangan. Awal proses pemanggangan, buka tutup oven hingga permukaan adonan bika mengembang dan berongga-rongga. Setelah itu, tutup pintu oven dan gunakan api atas saja.

Pemilihan bahan juga berpengaruh pada keberhasilan pembuatan bika ambon. Agar kue berminyak dan tidak bantat, gunakan santan kelapa segar dari buah kelapa yang cukup tua. Jangan menggunakan santan kental instan karena kue akan menjadi kering dan bantat.

Resep Bika Ambon
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Cemilan
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 18 potong
Bahan-bahan
  • 175 gr gula pasir
  • 100 gr tepung sagu
  • 200 ml santan kental
  • 1 lembar daun pandan, rebus dengan 100 ml air, biarkan dingin
  • 2 lembat daun jeruk
  • 10 kuning telur
  • 2 putih telur
  • Minyak goreng untuk olesan
  • ½ sdt ragi instan
  • 50 gram tepung terigu
  • 50 ml air
Cara membuat
  1. Campur ragi instan, tepung terigu dan air jadi satu, aduk rata. Diamkan 15 menit hingga mengembang.
  2. Kocok telur dan gula putih hingga mengental. Masukkan tepung sagu dan santan secara bergantian sambil di aduk rata.
  3. Tambahkan adonan biang, aduk hingga tercampur rata. Tutup adonan dengan serbet dan diamkan selama 10 jam.
  4. Siapkan cetakan bika ambon, yang telah diolesi minyak. Aduk adonan, tuangkan adonan ke dalam cetakan yang telah dipanaskan terlebih dahulu hingga bunyi mendesis. Panggang dengan tutup oven sedikit terbuka. Angkat.
  5. Panggang kembali menggunakan api atas hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat, biarkan agak dingin.
  6. Keluarkan dari cetakan, hidangkan.
Tanpa tambahan bahan pengawet, bika ambon mampu bertahan hingga 3 hari dalam suhu ruangan. Setelah itu, biasanya permukaan kue mulai mengering dan tidak lagi nikmat disantap. Oleh sebab itu, sebaiknya anda membuat bika ambon satu hari sebelum hari raya agar kue bika ambon masih segar ketika dihidangkan. Selamat mencoba resep bika ambon dari kami, semoga sukses!




Leave a Reply