Resep Beras Kencur

By November 21, 2015Resep Masakan Indonesia

Beras kencur adalah minuman segar dari Jawa. Minuman ini juga digolongkan sebagai jamu karena memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan. Walaupun tergolong sebagai jamu, tetapi minuman ini tidaklah pahit. Beras kencur memiliki rasa yang manis dan segar.

Beras kencur biasa dijual oleh penjual jamu baik yang digendong maupun yang menggunakan sepeda keliling. Yang menjadi masalah utama adalah biasanya rasa dan kandungan gizi dari penjual jamu beras kencur keliling tidak murni. Mereka biasanya menggunakan bahan bahan ekstrak yang mengurangi manfaat dan khasiat jamu beras kencur buat kesehatan. Belum lagi rasanya yang hampir didominasi oleh rasa tepung. Oleh karena itu sebaiknya minuman beras kencur sebaiknya dibuat sendiri dan berikut cara membuat beras kencur.

Resep Beras Kencur
 
Waktu persiapan
Waktu memasak
Waktu total
 
Penulis:
Macam resep: Minuman
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 5 porsi
Bahan-bahan
  • 100 gram beras, cuci, rendam 3 jam dan tiriskan
  • 200 gram kencur segar
  • 100 gram jahe
  • 100 gram asam jawa
  • 50 gram kunyit
  • 200 gram gula merah
  • 1 butir merica bulat
  • 1 liter air
Cara membuat
  1. Panaskan wajan antilengket, beras yang hendak dicuci disangrai hingga kering dan berwarna kecokelatan lalu haluskan atau giling.
  2. Parut jahe, kencur, dan kunyit. Sisihkan.
  3. Rebus air, gula, asam, merica bulat, dan parutan rempah (jahe, kencur, dan kunyit) hingga mendidih.
  4. Masukkan tepung beras yang sudah disangrai, rebus kembali hingga air rebusan beras kencur agak mengental, angkat, dan sangrai.
  5. Sajikan hangat-hangat.
Walaupun membuat beras kencur agak sedikit ribet, tapi yang penting hasil akhirnya. Beras kencur sangat baik untuk kesehatan dan dapat diminum kapan saja. Beras kencur lebih enak bila disajikan dalam keadaan hangat. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam pembuatan beras kencur yaitu jangan menggunakan beras yang beraroma wangi, karena akan mengakibatkan jamunya tercium aroma wangi. So, selamat mencoba!

Sumber gambar: info-ta-kuliner.blogspot.com